Sunday, March 26, 2017

Biji bunga sepatu dea

Belakangan muncul tren di kalangan developer untuk membuat kawasan hijau pertamanan pada perumahan yang mereka bangun. Konsep pertamanan ini membutuhkan tanaman yang memiliki sifat merindangkan namun juga memiliki unsur estetik tinggi. Karenanya menanam bibit sepatu dea bisa menjadi pilihan.

Banyak dari Anda mungkin tidak kenal dengan pohon sepatu dea. Sekilas tanaman ini tidak banyak perbedaan dengan tanaman kayu keras lain. Ukuran yang besar, tajuk yang rindang membulat, daun yang rimbun dan agak lebar menyirip. Ciri yang dapat Anda temui pada tanaman rindang lainnya.

Ciri khas utama pohon ini adalah bunganya. Tanaman ini tidak memiliki kekerabatan dekat dengan pohon kembang sepatu, namun bunganya mirip dengan kembang sepatu. Berwarna coklat orange dengan kelopak bunga tipis dan putik tebal kekuningan. Ketika berbunga semburat orange seolah muncul di tengah dedaunan hijau sehingga tanaman ini menjadi sangat cantik.

Sekarang Anda bisa memperhatikan tanaman peneduh di pinggir jalan dan di berbagai taman kota. Anda akan dengan mudah mengenali pohon sepatu dea dengan bunga orangenya. Bunga ini mudah rontok, dan biasanya banyak berserakan di bawah pohon.

Pertumbuhan bibit sepatu dea tergolong lumayan cepat. Dalam beberapa tahun bibit sepatu dea sudah menjelma menjadi tanaman besar dengan diameter sekitar 40 m. Daunnya yang rimbun dan lebar menjadi pendukung tanaman ini sebagai tanaman perindang.

Kelebihan Menanam Bibit Sepatu Dea

Ketika Anda bermaksud menanami sebuah taman, tentu Anda memerlukan sebuah pengamatan akan jenis tanaman yang tepat untuk mengisi taman tadi. Tentu Anda perlu memahami situasi lahan taman dan karakter tanaman yang tepat. Akan lebih baik jika Anda menanam tanaman fleksibel yang mudah beradaptasi cepat dengan lahan.



Pemesanan hub kami...

Wa.call.sms,

0815 1550 7446

0813 3388 4649

Pohon sepatu dea termasuk tanaman yang fleksibel. Untuk menanam bibit sepatu dea tidak memerlukan teknik penanaman yang rumit dan pemeliharaan yang intensif. Pohon ini terhitung bandel, tahan berbagai polusi, panas aspal dan tanah tidak subur.

Bayangkan saja jika bibit sepatu dea memerlukan teknik tanam khusus serta perawatan yang intensif, tentu tanaman ini tidak bisa menjadi tanaman perindang di berbagai sudut kota. Justru karena tanaman ini sangat mudah tumbuh dimana saja, sepatu dea menjadi langganan pemerintah untuk menghiasi berbagai proyek penghijauan. Untuk tumbuh optimal bibit sepatu dea hanya membutuhkan suplai air alam jumlah banyak.

Dari sisi budget, tanaman ini tergolong murah. Harganya yang murah menjadikannya masuk dalam daftar pohon berbagai proyek penghijauan pemerintah. Bibit sepatu dea berukuran 1 meter yang sudah menunjukan beberapa ranting saja, dapat Anda beli dengan harga 40.000 rupiah. Angka ini bisa terbilang besar, namun cukup seimbang mengingat pertumbuhan bibit sepatu dea yang tergolong cepat dan dalam sekejap dapat menjadi tanaman perindang sebuah taman.

Yang Harus Anda Perhatikan Dalam Menanam Bibit Sepatu Dea

Jika Anda menemukan sebuah pohon yang memiliki bentuk daun menyirip, berukuran sedang menyerupai daun jambu namun dalam ukuran lebih besar, itulah pohon sepatu dea. Dalam satu tangkai, daun tumbuh seperti duri ikan bersisian dan saling berdekatan.

Tipe tajuk pohon yang menyebar kesamping menjadikan daun ini seolah membentuk payung. Karakter daun seperti ini sangat cocok sebagai tanaman perindang di taman. Ditambah lagi kehadiran bunga orange yang memberi efek musim gugur sehingga dapat menambah cantik sebuah taman.

Salah satu kelemahan tanaman sepatu dea adalah karakter akarnya yang agak serabut sehingga membuat tanaman ini kurang kokoh. Bahkan ketika penanaman, bibit sepatu dea membutuhkan ajir untuk menjaga bibit sepatu dea tetap tegak. Permasalahan yang timbul di lingkungan adalah jika mendapat terpaan angin kencang. Pada beberapa kasus, pohon sepatu dea cukup sering tumbang ketika terjadi angin puyuh.

Solusi untuk situasi ini adalah menanam bibit sepatu dea lebih dalam sekitar 60 x 60 x 80 cm. Ini untuk menjaga agar akar dapat lebih masuk kedalam tanah. Akar yang masuk akan menciptakan pengakaran yang lebih kuat sehingga bisa lebih kokoh.

Solusi lain adalah melakukan diversifikasi tanaman, dengan menanam secara selang seling antara bibit sepatu dea dengan tanaman perindang lain yang lebih kuat. Hal ini berguna supaya pohon sepatu dea terlindung dari terpaan angin.

Bagaimana? Apa Anda tertarik menghiasi taman perumahan Anda dengan menanam bibit sepatu dea? Dijamin dalam 2 – 3 tahun, tanaman ini sudah tumbuh menjadi pohon rindang yang meneduhi taman, tempat bermain anak-anak Anda

No comments:

Post a Comment